Senin, 25 Oktober 2010

Perangkat input dan output beserta fungsinya

Input dan Output

Input adalah data yang dimasukkan ke computer agar bisa diproses. Input mencakup instruksi program yang diterima CPU setelah ada perintah dari pengguna. Sedangkan output menunjuk pada hasil pemrosesan, yaitu informasi yang terkirim ke layar atau printer, untuk disimpan, atau dikirim ke computer lain di jaringan.
Perangkat keras input terdiri dari piranti yang mampu menerjemahkan data ke dalam bentuk yang bisa diproses computer. Bentuk data yang bisa dibaca manusia berupa kata-kata sedangkan data yang bisa dibaca computer berupa angka biner 0 dan 1.
Perangkat keras output terdiri dari piranti yang bisa menerjemahkan informasi yang diterjemahkan yang diproses oleh computer ke dalam bentuk yang mampu dipahami oleh manusia. 

Alat Input adalah alat-alat yang berfungsi memasukan data atau perintah  kedalam komputer.Contoh dari alat input antara lain:

    1. Keyboard ditemukan oleh Christopher Latham pada tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington. keyboard adalah papan ketik yang berfungsi sebagai media interaksi antara user dengan mesin. Merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol- tombol untuk mengetikkan kalimat dan simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya papan tombol jari atau papan tuts.
      2. Mouse ditemukan pertama kali oleh Douglas Engelbert.Penunjuk (pointer) yang dapat digerakkan kemana saja berdasarkan arah gerakan bola kecil yang terdapat dalam mouse. Mouse memiliki sensor untuk mengetahui kemana arah yang dikehendaki oleh pemakainya Sensor ini diantaranya adalah melalui bola dan cahaya. 


      3. Piranti masukan berupa tongkat, yang menangkap gerakan-gerakan dinamis, dan mengubah gerakan tersebut menjadi data untuk diolah oleh komputer. Joystick disebut juga penggerak penunjuk. Joystick biasanya digunakan sebagai alat permainan ( game ).

      4. Scanner banyak digunakan untuk memindai gambar , tulisan , atau objek benda kedalam format elektronik sehingga dapat diolah komputer . scanner akan mengukur cahaya untuk memperoleh image. Umumnya kualitas scanner dilihat pada kualitas gambar yang dihasilkannya.




      Ada juga alat yang dapat menjadi input dan output alat seperti itu disebut terminal . terminal dapat dihubungkan langsung dengan komputer dengan menggunakan kabel dari USB (Universal Serial Bus ) atau alat yang lain . Terminal juga dibagi menjadi tiga yaitu :

      • Non intelligent terminal atau dumb terminal: hanya berfungsi sebagai perangkat untuk memasukkan input dan menampilkan output , namun tidak dapat memprogram semua itu karena tidak mempunyai alat pemproses.
      • Smart terminal : mempunyai alat pemproses dan memori didalamnya sehingga input yang terlanjur dimasukkan dapat dikoreksi kembali program ini tidak dapat di program oleh pemakainya hanya bisa oleh pabrik buatannya saja.



      Alat Output adalah Perangkat output adalah perangkat yang mengeluarkan data , program , atau yang lain sebagainya . contoh-contohnya yaitu:
      1. Monitor /Screen Monitor merupakan sarana untuk menampilkan apa yang kita ketikkan pada papan keyboard setelah diolah oleh prosesor. Monitor disebut juga dengan Visual Display Unit (VDU) Media output untuk menampilkan/memperlihatkan informasi sehingga dapat dibaca dan diketahui oleh manusia.





      2. Printer. Istilah ini umum digunakan untuk pencetak karakter atau gambar ke suatu media (seperti kertas). Printer mempunyai satuan kecepatan yaitu CPS ( character per second ) , LPM ( line per minute ) , atau PPM ( pages per minute ). Printer ada yang dapat mencetak dalam warna dan ada yg tidak.



      3.  LCD proyektor berfungsi untuk menampilkan gambar hasil dari pemprosesan data. Hanya saja LCD membutuhkan perangkat lain yang dapat menerima data & program tersebut . mediumnya lebih baik berwarna putih dan berbidang datar.

    Tidak ada komentar:

    Poskan Komentar